Posisi Anda   Hubungan Investor  >   Informasi Perseroan   >   Laporan Dewan Pengawas Syariah

logo
Laporan Dewan Pengawas Syariah
 
Patut kita syukuri bersama bahwa BRIsyariah dapat membukukan kinerja yang cukup baik tahun 2017 di tengah kondisi perekonomian dan industri perbankan yang penuh tantangan.

KH. Didin Hafidhuddin—

Ketua Dewan Pengawas Syariah   

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi Rabbil 'alamin, wa bihi nasta'in, wa 'ala 'umuriddunya waddin, washshalatu wassalamu 'ala asyrafil mursalin, nabiyyina Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, wa 'ala alihi wa ashabihi wattabi'in wa man tabi'ahum bi ihsani ila yaumiddin.

Segala puji bagi Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya sehingga BRIsyariah dapat merasakan segala nikmat dan mewujudkan kinerja baik di sepanjang tahun 2017. Pada kesempatan ini, Dewan Pengawas Syariah (DPS) memberikan apresiasi atas keberhasilan BRIsyariah.

Patut kita syukuri bersama bahwa BRIsyariah dapat membukukan kinerja yang cukup baik tahun 2017 di tengah kondisi perekonomian dan industri perbankan yang penuh tantangan.

DPS telah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya untuk memastikan operasional BRIsyariah sesuai dengan nilai-nilai syariah serta prinsip-prinsip Good Corporate Governance. Untuk memastikan kedua hal tersebut, DPS terlibat dalam serangkaian kegiatan rapat, baik rapat internal, rapat Dewan Komisaris, rapat dengan Direksi atau dengan jajaran di bawah Direksi.

Tahun 2017, DPS telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan melakukan review terhadap produk, SOP dan kebijakan di BRIsyariah. Selain itu, DPS juga melakukan uji petik atas transaksi penyaluran dana dan pelayanan sebagai bahan penilaian dan pertimbangan dalam memberikan rekomendasi dan opini syariah.

Secara singkat, kegiatan yang dilakukan DPS sepanjang tahun 2017 adalah sebagai berikut :

  1. Mengawasi produk dan operasional.
  2. Melakukan rapat rutin sekaligus ditambah diskusi-diskusi syariah terutama terkait produk dan kebijakan.
  3. Membakukan notulensi dan opini syariah setelah rapat, untuk kemudian diupdate oleh Compliance Desk melalui BRIS Newsletter (Portal internal Karyawan BRIsyariah).
  4. Menerbitkan 65 opini syariah yang berkaitan dengan produk, layanan dan prosedur di BRIsyariah.

Berdasarkan hasil pengawasan DPS, secara umum operasional BRIsyariah pada tahun 2017 telah sesuai dengan prinsip syariah, Fatwa DSN-MUI, dan opini DPS. Namun demikian, DPS selalu mengingatkan agar BRIsyariah terus melakukan upaya perbaikan pada beberapa elemen operasional yang masih ditemukan ketidaksesuaian dengan prinsip syariah.

DPS terus mendorong manajemen BRIsyariah untuk memperbaiki dan menyempurnakan seluruh kegiatan operasional agar sesuai dan memenuhi prinsip-prinsip dan ketentuan yang berlaku, khususnya pemenuhan prinsip syariah. DPS juga merekomendasikan untuk dilakukan penguatan dalam hal akad dan pengembangan produk perbankan syariah.

Sektor perbankan syariah kian mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia. Hal ini merupakan peluang yang dapat dimaksimalkan oleh BRIsyariah untuk terus melakukan pengembangan usaha. DPS mendukung upaya manajemen dan pemegang saham untuk hijrah menjadi perusahaan terbuka pada tahun 2018. Dengan menjadi perusahaan terbuka diharapkan BRIsyariah dapat menjadi lebih transparan dan lebih amanah.

Namun demikian, DPS tidak hentinya untuk mengingatkan seluruh jajaran BRIsyariah untuk tetap mengedepankan prinsip syariah dalam setiap tindakan yang dijalankan.

Pada kesempatan ini DPS juga senantiasa mengingatkan manajemen BRIsyariah agar tetap berkomitmen untuk menjaga pemenuhan prinsip-prinsip syariah serta kepatuhan atas peraturan perundang-undangan yang berlaku. Akhir kata, DPS berharap agar BRIsyariah dapat mewujudkan visinya untuk menjadi bank ritel modern terkemuka dengan ragam layanan finansial sesuai kebutuhan nasabah dengan jangkauan termudah untuk kehidupan lebih bermakna.

Jakarta, 2018

KH. Didin Hafidhuddin

Ketua Dewan Pengawas Syariah

 
Temukan Kami :
© Hak Cipta 2017, PT. Bank BRIsyariah, Tbk.
© Hak Cipta 2017, PT. Bank BRIsyariah, Tbk.
BRIsyariah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.