Posisi Anda   Hubungan Investor  >   Tata Kelola   >   Kode Etik

logo
Kode Etik
 

Kode Etik merupakan bagian dari budaya perusahaan yang mencerminkan penjiwaan dari nilai-nilai dasar kebijakan utama Bank. Kode Etik juga merupakan bagian tak terpisahkan dari kebijakan-kebijakan yang terdapat dalam Peraturan Perusahaan. Karena itu, Kode Etik ini menjadi kerangka kerja (panduan) untuk bersikap, berperilaku dalam menjalankan tugas sehari-hari, serta pedoman pada setiap pengambilan keputusan.

Pokok-Pokok Kode Etik

Sesuai dengan SK. NO. KEP.: B.026-PDR/02-2015 Pedoman Penerimaan Karyawan BRIsyariah, seluruh karyawan BRIsyariah Menandatangani Surat Pakta Integritas yang berisi hal berikut:

  1. Berperan secara proaktif dalam implementasi Visi, Misi dan Nilai-Nilai Perusahaan yang dituangkan dalam Budaya Kerja serta tidak melakukan perbuatan yang melanggar aturan perusahaan.
  2. Tidak meminta atau menerima pemberian secara langsung atau tidak langsung berupa suap, hadiah, bantuan atau bentuk lainnya yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  3. Bersikap transparan, jujur, objektif dan akuntabel dalam melaksanakan tugas.
  4. Menghindari pertentangan kepentingan (conflict of interest) dalam pelaksanaan tugas.
  5. Memberi contoh dalam kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan kebijkan, aturan dan ketentuan perusahaan dalam melaksanaan tugas, terutama kepada karyawan yang berada dibawah pengawasan dan sesama pegawai di lingkungan kerja secara konsisten.
  6. Akan menyampaikan informasi penyimpangan integritas di perusahaan serta turut menjaga kerahasiaan saksi atas pelanggaran peraturan yang dilaporkan.
  7. Tidak akan memanfaatkan Perusahaan, baik secara langsung maupun tidak langsung, untuk kepentingan pribadi, keluarga dan atau golongan tertentu.
  8. Bersedia menerima sanksi sesuai ketentuandan peraturan BRIsyariah apabila tidak mentaati Pakta Integritas.

Keberlakukan Kode Etik

Kode Etik berlaku tanpa pengecualian bagi seluruh pimpinan dan karyawan BRIsyariah termasuk Direksi dan Dewan Komisaris.

Penyebarluasan Kode Etik

Ketentuan tentang Kode Etik (Code of Conduct) tertuang dalam Surat Keputusan mengenai Standar Etika Kerja. Selain memasukkan uraian terkait Kode Etik dalam beberapa ketentuan internal, upaya penyebaran kode etik dilakukan pula dengan penempelan peringatan-peringatan di Kantor Cabang maupun Kantor Pusat. Sosialisasi melalui pelatihan juga dilakukan sebagai upaya memberikan pemahaman dan peringatan kepada setiap insan BRIsyariah untuk selalu mematuhi ketentuan dan etika dalam beraktifitas.

Sanksi Pelanggaran Kode Etik

Secara umum, pelanggaran terhadap kode etik akan mendapatkan sanksi sesuai jenis pelanggarannya sebagaimana yang telah diatur dalam Peraturan Perusahaan Bank. Contoh sanksi yang dapat diberikan yaitu Teguran, pemberian Surat Peringatan sampai dengan pemecatan.

Jumlah Pelanggaran Kode Etik dan Sanksi yang Diberikan Pada Tahun 2018

Selama tahun 2018, terdapat 1 (satu) pelanggaran kode etik di Perseroan.

 
Temukan Kami :
© Hak Cipta 2017, PT. Bank BRIsyariah, Tbk.
© Hak Cipta 2017, PT. Bank BRIsyariah, Tbk.
BRIsyariah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.